Kain Tradisional Indonesia – ULOS

ulos

Ulos adalah kain tradisional Indonesia yang dikembangkan oleh masyarakat batak. Ulos dibuat dengan cara ditenun. Dalam tradisi masyarakat batak, ulos ada dalam berbagai peristiwa penting, mulai dari pernikahan, kelahiran, dan dukacita. Ulos juga kadang diberikan kepada ibu yang sedang mengandung untuk melindungi sang ibu dari segala marabahaya dan mempermudah lahirnya sang bayi. Nenek moyang orang batak percaya bahwa salah satu hal yang member kehidupan bagi tubuh manusia adalah kehangatan. Memakai ulos dapat memberikan kehangatan itu. Warna dominan pada ulos adalah merah, hitam, dan putih yang dihiasi oleh ragam tenunan dari benang emas atau perak. Sangat disayangkan bahwa ada beberapa jenis ulos yang sudah punah, seperti Ulos Raja, Ulos Ragi Botik, Ulos Gobar, Ulos Saput dan Ulos Sibolang.

Kain Tradisional Indonesia – BATIK

batik

Kain tradisional Indonesia yang satu ini sudah berkali-kali hampir di-klaim oleh negara tetangga kita. Padahal, jika kita telusuri, jelas-jelas akar kata batik adalah dari bahasa Jawa. Batik berasal dari kata “amba” yang dalam bahasa jawa artinya menulis dan “titik” yang artinya titik. Pada awalnya batik dibuat di atas kain mori lalu digambar dengan menggunakan lilin dengan canting. Motif atau corak batik bukan hanya sekedar indah, namun juga mengandung berbagai lambang dan makna masing-masing. Beberapa motif batik batik bahkan hanya digunakan oleh keluarga keraton. Batik tak melulu hanya batik jogja. Ada juga batik solo, batik pekalongan, batik cirebon, batik banyumas, batik bali, dan lainnya.

Harmony of Classical Heritage…

adalah sebuah project dari mahasiswa/i jurusan Advertising & Marketing Communication Universitas Mercu Buana untuk memenuhi persyaratan kelulusan dari mata kuliah Advertising Project Management.

Pada zaman yang modern ini para remaja sangat minim pengetahuannya terhadap kain tradisonal dari negaranya sendiri, tidak hanya minim pengetahuan tentang kain tradisional bahkan remaja saat ini malu untuk mengenakan kain khas daerahnya masing-masing. Maka dari itu tujuan blog ini dibuat untuk sharing kepada masyarakat mengenai kebudayaan Indonesia terutama pada kain tradisional atau kain khas Indonesia untuk menciptakan pengetahuan yang baru kepada masyarakat terutama para remaja saat ini dan menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan budaya Indonesia agar tidak punah atau tidak di klaim oleh negara lain.